Thursday, April 10, 2014

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer/Flashdisk

Cara Menghilangkan Virus Shortcut - Bagaimanakah cara membasmi dan menghapus virus pada laptop/komputer maupun flashdisk dengan mudah dan cepat? jawabannya bisa anda dapatkan di artikel teknologi kali ini. banyak sekali berbagai macam virus, trojan, malware dan berbagai tipe virus lainnya yang siap mengancam perangkat/gadget kita. efek dari komputer yang terjangkit virus biasanya peforma menurun/kinerja komputer lambat/lemot, ditambah lagi muncul beberapa folder yang asing/aneh, dan hilangnya beberapa data penting yang ada di laptop kita serta tidak bekerjanya beberapa aplikasi yang terinstall di komputer kita.

Dari banyak macam virus berbahaya yang ada, salah satu yang sering menyerang dan berbahaya yaitu virus shortcut/ramnit yang biasanya disertai dengan dengan munculnya folder recycle, autorun.inf dan system volume information. maka dari itu artikel kali ini khusus membahas cara menghilangkan virus shortcut/ramnit baik pada drive komputer anda maupun pada flashdisk secara mudah tanpa menggunakan software/aplikasi anti virus. 

Nah, bagaimana cara virus ini menginfeksi pc anda dan bagaimana cara penyebarannya,
Untuk menyebarkan dirinya, Ramnit akan memanfaatkan berbagai media seperti
USB Flash, dengan membuat file :autorun.inf, Copy of Shortcut to (1).lnk, Copy of Shortcut to (4).lnk. Membuat file virus di folder RECYCLER dengan ekstensi .CPL dan EXE serta menginfeksi file aplikasi (EXE), DLL dan HTM/HTML. penyebaran virus jenis ramnit juga biasa melalui internet.penyebaran Ramnit melalui internet dapat terjadi jika user mengakses file htm atau html dari webserver yang sudah diinjeksi oleh Ramnit. penyebaran bisa juga melalui Jaringan (LAN/WAN) dengan cara menginjeksi file EXE/DLL/HTM/HTML pada folder/drive yang di share.

Virus shortcut cukup merepotkan dikarenakan menyerang file file penting terutama file berekstensi .EXE dan .DLL. jika virus ini dibiarkan dan tidak segera dihapus/dibersihkan, maka beberapa aplikasi penting anda tidak akan berjalan normal atau sebagaimana mestinya. tampilan komputer yang terserang virus jenis ini biasanya muncul folder baru dengan nama copy of shortcut 1, copy of shortcut 2, copy of shortcut 3, dan copy of shortcut 4. 


Nah, setelah anda mengerti sedikit mengenai apa itu virus shortcut atau bahasa resminya ramnit, maka tibalah membahas tutorial langkah langkah menghilangkan virus shortcut melalui cmd secara ampuh di komputer/flashdisk anda. jalankan tips trik dibawah ini secara teliti dan bertahap. kami tetap menyarankan anda memakai software antivirus untuk memproteksi/melindungi komputer anda dari serangan virus. cara dibawah ini merupakan cara simpel dan bagi yang tidak mau ribet memakai/menginstall aplikasi antivirus di komputer mereka, so langsung simak ulasan detail mengenai cara menghilangkan/meghapus virus shortcut terbaru dibawah ini . . .

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer/Flashdisk :

1.  Masuk ke folder option dan hilangkan centang pada " hide protected operating system files (recommended)" dan centang pada pilihan "show hidden files, folders, and drives" untuk memunculkan folder shortcut yang tersembunyi.



2. Buka Commad Prompt (CMD), jalankan cmd dengan klik kanan lalu pilih "run as administrator".

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

3. Lalu ketikka di cmd drive yang terjangit virus dan ingin anda bersihkan dari virus shortcut, misalnya virus shortcut menjangkiti drive H pada komputer/pc anda. maka cara pengetikannya adalah " H : " , penulisan tanpa tanda petik.

Lihat gambar dibawah ini . . .

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

4. Kemudian ketiikan " attrib –s  –r 
–h  /s  /d " (tanpa tanda kutip) seperti gambar diatas, kemudian tekan tombol Enter.

5. Setelah selesai anda bisa menutup kembali aplikasi cmd tersebut, selanjutnya buka drive H yang terserrang virus shortcut tersebut, jika masih ada folder shortcut yang tersisa, anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara menekan shift + Delete pada folder shortcut di drive anda.

6. Selesai, semua folder shorcut di laptop/pc anda sudah hilang dan terbebas darai virus.


Nah, itu tadi sedikit informasi update terbaru mengenai tips trik cara menghilangkan virus shortcut dengan mudah dan cepat pada komputer/flashdisk anda. download juga aplikasi antivirus sebagai langkah pencegahan untuk mengatasi virus shortcut datang kembali menyerang komputer/flasdisk anda. so sekian dulu artikel cara menghilangkan virus shortcut kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda pecinta teknologi.