Monday, September 29, 2014

10 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Mempercepat Kinerja Android - Sistem operasi android kini semakin populer dan digemari diseluruh dunia. bahkan smartphone android kini mendominasi penjualan dikarenakan kecanggihan dan fitunya yang lengkap serta banyaknya aplikasi yang bagus dan berkualitas. semuanya pun bisa didownload secara gratis di google play store. terdapat banya kelebihan yang dimiliki handphone android tentunya. bahkan hampir semua merk/vendor HP ternama seperti samsung, nokia, LG, dan sony membenamkan OS android kedalam setiap tipe/model ponsel keluaran mereka.

Berbicara mengenai keunggulan smartphone android, maka pembicaraan tidak akan ada habisnya. namun tahukah anda bahwa terkadang smartphone android bisa menurun kinerja dan kecepatannya. pemakaian andrid yang asal asalan biasanya akan membuat ponsel menjadi lemot/lelet. misalnya seperti loading yang lama saat buka suatu aplikasi atau pengetikan pesan sedikit tersendat. anda harus mengerti point point seperti bahwa pemakaian aplikasi terlalu banyak maka itu akan membebani RAM dan tentu saja mengurangi kinerja smartphone anda. dan masih banyak lagi pengaturan/setting android yang harus diatur dengan tepat agar performa dan kecepatan android anda menjadi cepat dan maksimal.

Nah, terlepas dari masalah kerusakan hardware pada HP anda. sebenarnya banyak tips dan trik serta tutorial yang ampuh untuk mempercepat performa HP android anda baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi/hanya melalui settingan android saja. pengguna smartphone masa kini wajib memantau kinerja ponsel mereka setiap saat, saat dirasa HP mulai melambat maka tweak diperlukan untuk mengembalikan kinerja android anda seperti kondisi baru lagi. so langsung saja anda simak langkah langkah mempercepat kinerja android lengkap dengan penjelasannya dibawah ini. . .


10 Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android :


1. Update Firmware

Firmware memperbaiki beberapa lag, bug, dan masalah lain yang mungkin tidak anda sadari. Isu tersebut muncul dengan frekuensi yang wajar, sehingga memperbarui firmware secara teratur akan memastikan kinerja terbaik untuk ponsel Anda.

2. Reset Smartphone Anda

Mereset ulang smartphone menghapus segala sesuatu yang ada pada smartphone anda dan mengembalikan kondisi HP anda seperti semula/seperti dalam kondisi baru. Ini adalah pilihan yang sementara, karena ketika Anda menggunakan ponsel Anda lagi, biasanya keadaan smartphone anda akan kembali seperti sebelum anda reset. Pastikan anda mencadangan kontak, memo, dan informasi penting (seperti password yang disimpan dalam browser) sebelum melakukan langkah ini.

3. Kosongkan Memori Internal

Periksa kapasitas ruang memori internal. Memori internal yang rendah mungkin menjadi alasan di balik setiap lag parah yang smartphone anda alami. efeknya tentu saja membuat smartphone anda menjadi lebih lambat dan tidak powerfull seperti ketika anda menggunakan pertama kali saat kondisi baru. solusinya adalah dengan memindahkan media (gambar, mp3 files, video, dan sebagainya) ke memori eksternal/kartu SD. usahakan memori internal HP android anda sekosong mungkin, ini akan membantu meningkatkan kinerja dan kecepatan ponsel android anda.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Jika pengguna gadget android memiliki sejumlah besar aplikasi terinstall, itu merupakan salah satu alasan kuat yang menyebabkan smartphone android anda melambat. anda perlu mempertanyakan apakah aplikasi/software yang terinstall di HP anda berfungsi atau tidak, jika jarang/tidak pernah digunakan, maka menghapusnya akan membantu meningkatkan kecepatan smartphone anda. anda cukup menguninstallnya melalui manager aplikasi settingan smartphone anda. Beberapa aplikasi standart/bawaan HP tidak dapat dihapus, sehingga anda hanya bisa menonaktifkan aplikasi tersebut saja untuk memaksimalkan kinerja smartphone android anda.

5. Matikan Live Wallpaper

Live wallpaper dan widget yang terlalu banyak juga dapat memperlambat smartphone, dan jika pengguna mengalami masalah performa mereka harus mempertimbangkan untuk menggunakan wallpaper statis  dan menghapus widget yang tidak terlalu penting.

6. Matikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa aplikasi secara otomatis start up saat ponsel dihidupkan, sementara yang lain terus-menerus synch dengan layanan online. Keduanya dapat secara signifikan memperlambat kinerja smartphone anda. Untuk memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang, pengguna harus mengunjungi bagian manager aplikasi, dan geser ke tab "berjalan". Jika ada aplikasi yang berjalan di latar belakang yang sedang tidak digunakan, pengguna harus mencoba menguninstall aplikasi atau menonaktifkannya jika aplikasi tersebut tidak dapat dihapus.

7. Hapus Cache

Banyaknya aplikasi yang digunakan akan membangun cache yang dapat perlambatan smartphone Android, dan pengguna dapat menghapus tembolok setiap aplikasi yang digunakan 'secara teratur untuk mempercepat perangkat mereka. Sayangnya, hal ini harus dilakukan secara teratur, sebagian aplikasi akan mulai membangun kembali tembolok mereka saat mereka diluncurkan. Untuk menghapus tembolok secara individual masing-masing aplikasi, pengguna android perlu untuk mengunjungi Settings> Apps, pilih aplikasi yang relevan, dan kemudian klik pada tombol 'Hapus cache'.

8. Matikan Animasi

Animasi biasanya mempercantik transisi grafis antara menu dan lokasi antarmuka lainnya. Mereka menggunakan sistem sumber daya untuk menampilkan fitur fiturnya serta terjadi secara teratur ketika menavigasi melalui smartphone. fitur animasi sebenarnya tidak berguna selain untuk mempercantik tampilan smartphone, dan jika anda merasakan kinerja android anda mulai melambat, kami kira anda bisa mencoba mematikan fitur animasi pada Handphone anda.

9. Install Aplikasi Yang Berguna

Masuk ke google play store dan cari beberapa aplikasi yang berguna untuk meningkatkan kinerja smartphone anda. beberapa aplikasi yang berguna dan patut anda download dan install adalah sebagai berikut: 

Auto task killer : Menutup aplikasi yang berjalan dalam hitungan detik saja. Hal ini membebaskan beberapa memori RAM, sehingga ponsel akan berjalan lebih cepat. 

Clean Master : Aplikasi pembersih cache terbaik dan paling banyak didownload di google play store, terdapat beragam fitur lain diantaranya membersihkan file file sampah yang tidak berguna serta memperlambat kierja handphone anda.

DU Speed Booster : Sama seperti clean master, aplikasi ini juga berfungsi untuk membersihkan smartphone anda dari chache dan file yang tidak berguna. bersama clean master aplikasi ini menjadi yang terbaik serta menjadi pilihan banyak pengguna smartphone android.

Start up manager : Memungkinkan Anda untuk menghentikan sejumlah aplikasi yang berjalan otomatis saat HP anda dihidupkan.

10. Root Smartphone Android Anda

Proses rooting memberikan anda pilihan tambahan untuk melakukan modifikasi dengan telepon Anda. Meskipun rooting adalah solusi yang sedikit berisiko, Namun anda dapat selalu unroot telepon kapan saja. Berikut adalah daftar hal-hal yang dapat Anda lakukan setelah rooting ponsel Anda :

- Overclocking prosesor ponsel Anda. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat telepon Anda, tetapi akan memakan lebih banyak daya baterai dari sebelumnya. 

- Anda juga dapat menginstal ROM kustom. ROM pada dasarnya adalah versi android diinstal pada ponsel Anda. ini mungkin memecahkan banyak masalah smartphone android Anda, termasuk lag. namun ini sangat beresiko karena kadang-kadang ROM kustom mungkin tidak stabil, atau mungkin berisi bug dan hilangnya fitur yang ditemukan di ROM resmi. 

- Kemampuan untuk menghapus aplikasi pra-instal yang tidak diinginkan. namun perhatikan hal hal penting sebelum anda melakukannya. yaitu jangan menghapus beberapa aplikasi bawaan HP yang sangat vital seperti aplikasi peluncur serta backup dahulu aplikasi pada smartphone anda dengan software titanium backup sebelum melakukannya.


Nah, itu tadi sekilas informasi update mengenai daftar 10 cara mempercepat kinerja smartphone android yang baik dan benar. 10 tips diatas jika anda terapan pada ponsel anda maka akan mampu menambah kinrja android anda tentunya. dengan begitu maka hp anda tidak terbebani dengan banyak aplikasi tak berguna. so sekian duu artikel info teknologimu kali ini, semoga bermanfaat bagi anda.